PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaranbarang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Bisnis online atau e-commerce kini sudah banyak di gandrungi para pelaku usahanya, karena cukup menghemat waktu dan biaya. Hingga kini e-commerce cukup menjamur dan berkembang sangat pesat. Produk yang dijual pun cukup beragam seperti barang dan jasa misalnya saja butik yang seperti kita lihat di toko-toko atau di mall jika kita melakukan usaha secara online kita tidak perlu repot untuk menjaga berdiri mundar-mandir melayani pelanggan. Menurut saya bisnis online efektif menghemat waktu dan biaya.berikut ada beberapa fakto yang mendukung terjadinya dan berkembangnya bisnis online. Factor pendukung berkembangnya bisnis online yaitu :
1. Bertambahnya pengguna internet setiap harinya, dapat kita lihat dari meningkatnya pemakai jejaring social.
2. Para pembeli/beli konsumen yang juga meninggkat dapat menjadi suatu kepercayaan masyarakat dengan adanya bisnis online
3. Pekembangan internet yang murah dan mudah di akses siapa pun dan dimana pun kita berada.
e-commerce tentunya memiliki aplikasi – aplikasi yang berkaitan dengan e-commerce itu sendiri dan berikut beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
§ E-mail dan Messaging
§ Content Management Systems
§ Dokumen, spreadsheet, database
§ Akunting dan sistem keuangan
§ Informasi pengiriman dan pemesanan
§ Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
§ Sistem pembayaran domestik dan internasional
§ Newsgroup
§ On-line Shopping
§ Conferencing
§ Online Banking/internet Banking
§ Product Digital/Non Digital
Media yang digunakan unutuk melakukan bisnis online pun cukup beragam mulai dari facebook, twitter, google dll, namun dalam media bertransaksi di indonesia hampir74% orang memilih kaskus karena selain kaskus sudah tedapat lebih dari 3 juta user/komunitas,, kaskus pun menjadi salah satu media online shop yang mendapat kepercayaan dari para konsumen. pasar 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet, menjadikan indonesia sebagai market yang sangat potensial. namun di sisi lain, tidaklah mudah untuk mengembangkan bisnis disni.
Dalam setiap kegiatan pasti ada masalah apalagi dalam bidang bisnis. E-commerce bermasalah pada adanya penipuan yang terjadi dengan cara pencurian identitas, dan hukum yang di berlakukan di e-commerce belum atau masih kurang berkembang jadi masih belum terjamin betul jika terjadi suatu penipuan.
Selain menghemat waktu dan biaya bisnis online juga menghemat tenaga untuk mempromosikan barang dagang yang kita jual. E-commerce berkembang karena proses transaksinya juga yang cukup mudah hanya dengan mengunjungi website-nya kita memilih barang sesuai selera konsumen tersebut. Untuk konsumen pun bisnis ini cukup menguntungkan karena cukup menghemat waktu dan tenaga tidak perlu mengitari toko-toko atau mengunjungi satu per satu mall untuk menemukan model baju yang anda inginkan. Dalam melakukan suatu usaha tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang haru diperhatikan.
Kelebihan Bisnis Online
1. bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet. Begitupun dengan konsumen bias mengakses dan melakukan transaksi dengan mudah.
2. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit, karena tidak perlu sewa gedung/toko
3. Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu
4. Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak, kita bisa melakukan usaha sendiri
5. Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada/ harus bisa mencari peluang yang masih jarang bahkan belum ada di pasar online lainnya
Kekurangan Bisnis Online
1. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer karena banyaknya penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggungjawab
2. keterlambatan pengiriman dari pihak jasa pengiriman yang dapat membuat pelanggan kecewa
sampai saat ini bisnis online di Indonesia menempati kedudukan di urutan kelima terbesar di dunia. Trend bisnis online cukup menggoda banyak orang untuk mencoba menjual atau pun membeli barang secara online. Dapat kita lihat di iklan – iklan yang adadi televisi atau pun di media media online lainnya. Jika kita browsing sesuatu pati ada saja iklan – iklan yang di pasang oleh para pelaku usaha bisnis online. Sangat jelas terlihat baha bisnis ini sudah sangat berkembang sampai ke seluruh dunia. Oleh karena itu E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basi sdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Tetapi tidak semua barang bisadi perjual – belikan di e-commerce karena ada jenis – jenis barang yang di jual atau di beli dengan dicium,dipegang dicicipi terlebih dahulu. Nah barang – barang seperti inilah yang memiliki rasio harga dan berat benda tersebut rendah. Sedangkan barang – barang yang cocok dijual di pasaran itu contohnya barangelektronik kecil, music, perangkat lunak atau software, alat – alat fotografi dan lain lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar